Berita
UIN SATU TULUNGAGUNG

Visiting Professor UIN SATU Tulungagung di Universitas Jember

Pascasarjana UIN SATU-Jember, Jum’at, 15 September 2023, Prof. Dr. Agus Eko Sujianto, SE.,MM Kaprodi Magister Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU Tulungagung) yang didampingi Dr. Khusnul Mufidati, M.Pd.I berkesempatan melakukan Visiting Professor. Kegiatan ini bertempat di Magister Akuntansi Universitas Jember. Tujuan program Visiting Professor UIN SATU Tulungagung di Universitas Jember ini untuk mempromosikan dan menghadirkan pemikiran Profesor UIN SATU Tulungagung di pascasarjana Universitas Jember. Sangatlah penting bagi perguruan tinggi untuk memperkuat posisinya dalam disiplin ilmu dan bidang pengetahuan dimana terdapat kemungkinan yang berbeda untuk kolaborasi antar perguruan tinggi. Program Visiting Professor ini juga menawarkan suatu pandangan akademik dan untuk meningkatkan keilmuan melalui interaksi dan kolaborasi dengan akademisi dan peneliti di luar UIN SATU Tulungagung.

Secara khusus tujuan dari program ini yaitu: (1) untuk mendatangkan akademisi Universitas yang merupakan sarjana mapan dari luar negeri, untuk memberikan nilai tambah kepada Universitas sehubungan dengan keunggulan penelitian, supervisi pascasarjana dan pendampingan akademik, dan yang akan berkontribusi melalui penawaran pengetahuan khusus dan keahlian ilmiah seorang guru besar; (2) untuk memperkuat jaringan kolaborasi dan kemitraan antar lembaga melalui kegiatan bersama seperti pengembangan aplikasi pendanaan penelitian, proyek dan publikasi ilmiah.

 

Pada kesempatan tersebut, Prof. Agus Eko memberikan pengetahuan tentang strategi merumuskan judul penelitian berbasis aplikasi terutama pada matakuliah metode penelitian. Hadir di kelas, Ketua Program Studi Magister Akuntansi Dr. Hendrawan Santosa Putra, SE.,M.Si.,Ak  yang dalam pengantarnya menjelaskan bahwa judul penelitian tidak boleh ditebak, melainkan dipilih berdasar rasionalisasi yang kuat, relevan dengan keilmuan program studinya dan direkomendasikan menggunakan aplikasi tertentu sehingga validitas judul penelitian bisa dipertanggungjawabkan. (es)