Berita
UIN SATU TULUNGAGUNG

Benchmarking Magister Ekonomi Syariah UIN SATU Tulungagung

Pascasarjana UIN SATU-Jember, Kembali, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU Tulungagung) menyelenggarakan kegiatan Benchmarking di Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Kegiatan ini terselenggara pada Jum’at, 15 September 2023. Sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan di tingkat magister atau strata dua, Magister Ekonomi Syariah UIN SATU Tulungagung terus melakukan kegiatan konstruktif untuk menjadi lembaga pendidikan yang lebih baik dengan melakukan Benchmarking. Lokasi yang dipilih untuk melakukan kegiatan ini yaitu Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember, yang memiliki banyak keunggulan antara lain nilai akreditasi program studi yang unggul.

Tentu tidak mudah mempersembahkan nilai akreditasi unggul dengan 9 kriteria menurut Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) yaitu: KRITERIA 1 (Visi, Misi, Tujuan dan Strategi), KRITERIA 2 (Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerja Sama), KRITERIA 3 (Kemahasiswaan), KRITERIA 4 (Sumber Daya Manusia), KRITERIA 5 (Keuangan, Sarana, dan Prasarana), KRITERIA 6 (Pendidikan), KRITERIA 7 (Penelitian), KRITERIA 8 (Pengabdian Kepada Masyarakat) dan KRITERIA 9 (Luaran dan Capaian Tridharma) ini, namun bagi Magister Ekonomi Syariah UIN SATU Tulungagung bukan suatu keniscayaan. Delegasi Tulungagung disambut oleh jajaran pimpinan fakultas yaitu: Wadek 1, Wadek 3, Kaprodi Magister Akuntansi dan dihadiri oleh Ketua Gugus Penjaminan Mutu (GPM).

 

 

Ketua GPM FEB UNEJ Hadi Paramu, M.B.A., Ph.D menjelaskan bahwa Secara legal formal, GPM dan UPM dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember Nomor 9283/UN25.1.4/KP/2021 tentang Perubahan SK Dekan Nomor 0131/UN25.1.4/KP/2022 tentang Pengangkatan Gugus Penjaminan Mutu FEB Universitas Jember. Cakupan kegiatan GPM dan UPM adalah menjamin terlaksananya proses Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan (PPEPP) terhadap pelaksanaan seluruh program/kegiatan akademik serta pengembangan pendidikan dalam tridharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sumberdaya dan tata Kelola di lingkungan FEB Universitas Jember.

 

Kegiatan ini bermanfaat bagi pengayaan referensi dalam rangka persiapan akreditasi khususnya Prodi Magister Ekonomi Syariah UIN SATU Tulungagung yang pada kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi dan Dosen Home Based. Sembilan kriteria akreditasi oleh LAMEMBA wajib terisi semua dengan mengedepankan keseimbangan antara data mahasiswa dan data dosen, yang diperkuat oleh sitasi yang banyak baik untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tidak hanya itu, kegiatan-kegiatan internasional wajib dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa yang didasarkan pada visi dan misi serta renstra yang sudah berorientasi internasional.(es)