Berita
UIN SATU TULUNGAGUNG

Program Studi Magister Tadris Bahasa Inggris Agendakan Academic Action in Ramadhan

Program Magister Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2-TBI), Pascasarjana Universitas Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah agendakan program Academic Action in Ramadhan (ACAR). Acara ini diinisiasi oleh ketua program studi (Kaprodi) dan mahasiswa S2-TBI angkatan 2020. Agenda ACAR ini dilaksanakan pada tanggal 08 April 2022, yang bertempat di meeting space dari penyedia salah satu kuliner di Tulungagung. Kolaborasi antara pihak program studi dan mahasiswa ini agenda utama dengan tema "The Practice of Sharing and Collaboration: Leading to Students' Professionalism Development" dengan membaginya dalam dua segmen besar.

Kegiatan diseminasi yang menghadirkan kepala dan sekretaris program studi ini diawali dengan acara mini protokoler dengan tiga sesi utama. Pertama dimulai dengan acara pembukaan yang langsung dipimpin oleh moderator, Umika Durin. Selanjutnya, moderator menyerahkan tanggung jawab penyampaian aspirasi mahasiswa kepada salah satu perwakilan angkatan, Jadid Muanas. Ada tiga gagasan utama yang disampaikan dalam sambutannya. Permohonan arahan agar para mahasiswa yang saat ini telah menempuh tugas akhir dan beberapa mahasiswa yang masih cuti untuk diberikan kiat-kiat khusus agar dapat segera terselesaikan. Selanjutnya, dia menyampaikan mahasiswa menginginkan Prodi TBI dapat menjadi prodi unggulan. Terakhir, untuk mencapai poin nomor dua tersebut, para peserta ACAR melakukan deklarasi bersedia menjadi tulang punggung bagi Prodi untuk meningkatkan kualitas Prodi.

Sambutan tersebut, tentunya disambut sangat antusias oleh Kepala Prodi (Dr. Susanto) beserta Sekretaris Prodi (Nany Soengkono), yang mana hal ini menjadi bagian acara sambutan yang kedua oleh Ketua Prodi. Beliau memberikan arahan utama terkait how to accomplish thesis writing faster and fastest. Tentunya arahan tersebut langsung disahut oleh mahasiswa untuk memberikan tanggapan lebih dalam. Antusiasme Dr Susanto dilanjut dengan ucapan terimakasih atas kesediaan peserta dalam membantu meningkatkan kualitas Prodi yang lebih baik. Sambutan ini juga dikuatkan oleh Sekretaris Prodi. Beliau menegaskan apa yang disampaikan Kaprodi dan juga menyambut dengan rasa bangga dan suka cita atas tawaran bantuan oleh peserta ACAR.

Setalah berakhir acara sambutan dari Kaprodi dan Sekprodi, rundown acara ini diakhiri dengan buka bersama. Tentunya, di tengah menikmati penutupan acara ini, pembicaraan santai juga diselingi dengan masukan-masukan dari berbagai pihak.

Setelah menu berbuka dan sholat magrib terselesaikan, semua acara ditutup dengan dokumentasi. Harapan terakhir para mahasiswa agar agenda ACAR ini dapat terselenggara secara rutin, juga dapat diselenggarakan dalam scope yang lebih luas dengan mengundang seluruh mahasiswa angkatan dan para dosen. Sehingga keakraban yang tercipta dapat menimbulkan semangat antara berbagai pihak.