Berita
UIN SATU TULUNGAGUNG

Kuliah Umum di Luar Kampus, Praktek Pembelajaran di PP Darul Qolam #Benchmarking S2 PAI

Hotel D’Urban AL Ashri Yogyakarta-Pascasarjana UIN SATU Tulungagung, 20 Mei 2024. Sesi kuliah di luar kampus ke dua dalam rangkaian benchmarking Prodi S2-PAI mengundang Dr. Muhsin Kalida sebagai narasumber kepenulisan. Dengan judul “Psychowriter”, pengasuh PP Darul Qolam sekaligus Pembina “Cakruk Pintar” Yogyakarta ini menyampaikan materi selama satu setengah Jam mulai pukul 21:30 sd 23:00 WIB di Aula lantai 1  Hotel D’Urban AL Ashri Yogyakarta.

Sebagai pengantar,  Muhsin Kalida berbicara tentang Pendidikan Masyarakat (Dikmas). “…Kebijakan Jokowi bagi TKI yang belum lulus SMA, wajib dipulangkan, karena merusak reputasi Indonesia, Prof Muhsin diutus ke Cina mendirikan sekolah kesetaraan (Paket), jadi gausah pulang, sekolah aja, bikin MoU menerima alumni paket C kuliah hari Sabtu Minggu, di Taiwan…”.

Menurutnya, Dikmas membutuhkan akomodasi operasional. Sehingga Dikmas idealnya memiliki networking dan fundrising yang cukup. Kiatnya, “…bagaimana buka mata orang, buka hati orang, buka dompet orang…”. Dikmas yang di dibutuhkan Masyarakat, disokong dan dipercaya banyak orang akan tumbuh dengan kokoh. Intinya memiliki basis sebagai Dikmas. Misalnya, Darul Qolam penulisan sebagai basis pengembangan Dikmasnya.

Dalam pengelolaan Dikmas, Muhsin Kalida menyampaikan beberapa unsur inti dalam mengelola dikmas, antara lain; 1) Capasity Building, 2) Networking, 3) SDM, 4) Branding, dan 5) Publishing. “…Kenali mitra dan pesaing Lembaga, motto saya datang membuat senang, pulang membuat rindu, give best pelayanan, tetap dekat dengan mitra…”. Dari sini Muhsin sedang mencohkan perlunya motto yang dijadikan value Lembaga dalam setiap pengorganisasian.

Dalam sesi tanya jawab, Muhsin banyak mendorong mahasiswa untuk menulis. Menurutnya karena ini perintah ayat kedua, menulis setelah membaca. Menjadi gerakan menulis. Ini yang menginspirasi berdirinya Darul Qolam. Ayat Bil Qolam. Selebihnya, karya-karya mahasiswa yang sangat melimpah sebenarnya, terutama skripsi, tesis, sudah saatnya di bukukan, dijadikan buku.

Sebagai penutup, Muhsin Kalida berpesan “…Tulisan harus punya karakter, Buku adalah sahabat terdekat, Membaca adalah aktivitas terhebat, Menulis adalah eksepsi terdahsyat…”.

Acara berlanjut dengan Mou antara Prodi S2 PAI dengan PP Darul Qolam Yogyakarta. Pagi hari tanggal 21 Mei 20224 pukul 08.00 WIB rombongan berkunjung ke "Cakruk Pintar" PP Darul Qolam yang berada di sebelah lokasi asrama putri. Disini, Mahasiswa melihat dari dekat kegiatan literasi di PP Darul Qolam, yang keseluruhan buku yang dipajang di ruang utama PP Darul Qolam adalah karya para santri PP Darul Qolam. (hib)

 

Kontributor: Salma-S2 PAI, Gambar: Haidar-KPI