Berita
UIN SATU TULUNGAGUNG

Benchmarking Prodi S2 PAI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung ke Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Yogyakarta-Pascasarjana UIN SATU Tulungagung, tanggal 20 sd. 21 Mei 2024. Sebanyak 50 Mahasiswa dan pengelola Prodi S2 PAI UIN SATU Tulungagung melakukan Benchmarking Ke Yogyakarta selama 2 hari. Agenda bencmarking S2-PAI ini meliputi; Kunjungan ke Pascasarjana UIN Suka Yogyakarta, perkuliahan luar kelas dan visiting professor, kajian manajemen masjid di jogokaryan, dan kunjungan lapangan di rumah pintar PP Darul Qolam. Hari pertama, Senin20 Mei 2024 Tepat Pukul 13.00 WIB rombongan memasuki ruang auditorium pascasarjana UIN Suka Yogyakarta. Disambut langsung oleh Direktur pascasarjana Prof. Abdul Mustaqiem dan segenap pengelola Pascasarjana UIN Suka.

(Kanan ke kiri) Prof. Mahmud, Prof. Abdul Mustaqiem Direktur Pasca UIN SUKA Yogyakarta, Dr. Zaini Fasya-Kaprodi S2 PAI UIN SATU, M. Dwi Toriyono-Sekprodi S2 PAI.  Foto diambil di Auditorium Pascasarjana UIN SUKA, Senin 20 Mei 2024

Dalam sambutannya Prof. Taqiem menyampaikan beberapa hal. Diantarannya ketersambungan sanad keilmuan UIN Suka dan UIN SATU Tulugagung. ….” Pertautan epistemologi, UIN suka adalah Mbah dari UIN SATU, karena usia lembaga, sehingga nyambung sanad keilmuan…”. …”Kedua, Acara ini sebenarnya merupakan tindak lanjut dari MoU yang dilaksanakan di FORDIPAS, sekarang ketuanya dari Tulungagung,…”. Terakhir beliau berpesan tentang pentingnya perguruan tinggi menjaga core bussines nya, terkhusus pascasarjana, ditetapkan kualifikasi lulusan yang memiliki publikasi jurnal. ”Karya ilmiah dan dipublikasi itu penanda seberapa bonafied sebuah PT, mari sharing terbuka, melakukan publikasi jurnal, termasuk mahasiswa pasca…”. Tak ketinggalan, sebelum menutup sambutannya, Prof. Taqiem juga mempromosikan Kota Jogaja dengan mengatakan bahwa …” Yogyakarta not only the city of student but also the city of culiner...”

Sambutan Prodi S2 PAI UIN SATU Tulungagung disampaikan langsung oleh Ketua Prodi, Dr. H. Zaini Fasya. Sejak awal memilih yogyakarya sebagai pilihan tempat untuk bencmarking S2-PAI memang atas ketersambungan sanad keilmuan. “…Dosen-dosen kita banyak yang lulusan UIN Suka ini, dan kami pengen menimba ilmu ….all about somtehing that we didnt have, menyerap ilmu tentang budaya menulis…”. Selain karena standart kelulusan mahasiswa pasca dengan publikasi ilmiah, kebijakan spesifik tentang publikasi mahasiswa, Standar Lamdik 50% + 1 harus untuk mencapai A, memacu kita untuk produktif, untuk submit jurnal…”.

Dilanjutkan dengan sesi kepenulisan Jurnal yang disampaikan oleh Prof. Mahmud dan Prof Taqiem, forum selesai  Tepat pukul 15.15 WIB, dilanjutkan dengan sesi bergambar. Kemudian Rombongan menuju penginapan untuk istirahat dan persiapan perkuliahan luar kelas yang dijadwal pukul 19.00 WIB. (hib)

 

Kontributor: Salma-S2 PAI, Gambar: Haidar-KPI.