Berita
UIN SATU TULUNGAGUNG

INTENSIVE COURSE MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Tulungagung - Jum’at (29/01/2021) menjadi hari terakhir penyelenggaraan segenap rangkaian kegiatan Evaluasi, Pembinaan dan Supervisi Percepatan Studi Mahasiswa Penerima Beasiswa Mora Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Tulungagung Angkatan 2018 dan 2019. Rangkaian kegiatan ini telah dilaksanakan selama sepekan berturut-turut dimulai pada hari Senin 25 Januari 2021, yang terbagi menjadi dua kegiatan yaitu Intensive Course dan Seminar Nasional Afirmasi Riset. Kegiatan kali ini adalah Seminar Nasional Afirmasi Riset yang bertujuan memberikan peneguhan terhadap hasil riset mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir disertasinya.

Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. selaku Direktur Program Pascasarjana IAIN Tulungagung pada saat Opening Speech-nya menyampaikan bahwa “afirmasi riset tentang manajemen strategik ini sangat menarik untuk dibedah bersama karena berkaitan dengan peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam. Saran dan masukan dari kedua narasumber/pembahas dan juga para peserta diharapkan mampu menemukan novelty dari penelitian ini”, pungkasnya.

Kegiatan seminar nasional afirmasi riset yang diselenggarakan mulai pkl. 19.00 – 22.00 wib. ini menghadirkan M. Arif Syihabudin (Mahasiswa Mora 2018) sebagai presenter, yang memaparkan hasil risetnya tentang Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Hadir juga sebagai narasumber utama sekaligus pembahas yaitu Dr. Imam Turmudzi, M.Pd (STIE Kusuma Negara Blitar) dan Dr. Ma’rifatul Hidayah, M.Pd.I (Dinas Pendidikan Kab. Tulungagung). Dalam pemaparannya, M. Arif Syihabudin mengatakan bahwa fokus penelitian yang diangkatnya masih sangat menarik dan relevan sampai dengan saat ini dalam rangka peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam. Ia menambahkan, masyarakat sangat mengharapkan adanya lembaga pendidikan yang benar-benar bermutu. Untuk itu perlu adanya strategi dalam upaya meningkatkan mutu lembaga pedidikan Islam (manajemen strategik).

Dr. Imam Turmudzi, M.Pd dalam kesempatannya menyampaikan beberapa point penting di antaranya: 1) Harapannya melalui kegiatan afirmasi ini, mahasiswa dapat lulus tepat waktu dengan nilai cumlaude; 2) Memberikan koreksi dan masukan terhadap beberapa poin dari hasil riset yang meliputi: fokus dan pertanyaan penelitian, teori yang digunakan, serta tidak melupakan ciri khas PTKI harus ada teori-teori yang bersumber dari al-Qur’an maupun al-Hadith; dan 3) Disertasi yang baik itu terdiri dari 5 hal yaitu teoritis, logis, praktis, kritis, dan sistematis. Sebelum mengakhiri kesempatannya, ia juga menyampaikan beberapa tips dalam menyelesaikan disertasi dengan tepat waktu. Di antara tips-tipsnya tersebut adalah ikraman wa ta’dziman kepada promotor, mempunyai tempat dan waktu mengerjakan sendiri, waktu pengerjaan yang konsisten, dan dukungan dari orang-orang tercinta.

Sementara narasumber kedua Dr. Ma’rifatul Hidayah, M.Pd.I juga memberikan saran dan masukan kepada presenter, di antaranya: 1) Selalu gunakan grand theory dalam mengulas/membahas hasil penelitian; 2) Semakin lengkap dan dalam data yang dikumpulkan, maka akan semakin berkualitas disertasi yang akan dihasilkan; dan 3) Memberikan masukan tambahan-tambahan data yang perlu dikumpulkan terkait dengan manajemen strategic agar datanya semakin lengkap. Di akhir kesempatannya, ia juga menegaskan kembali kepada presenter terkait dengan definisi beberapa istilah penting dan posisi teori dalam penelitian.

Selesailah sudah rangkaian kegiatan evaluasi, pembinaan dan supervisi percepatan studi Mahasiswa Penerima Beasiswa Mora Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Tulungagung Angkatan 2018 dan 2019 ini, besar harapan bahwa kegiatan ini menjadi pemicu motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan studinya dengan tepat waktu, mengingat mereka adalah para penerima beasiswa yang dituntut harus selesai dalam enam semester. Kegiatan ini pula diharapkan mampu menjadi pioneer kegiatan sejenis yang dapat diadopsi oleh perguruan tinggi lain (khususnya PTKIN/S) penyelenggara program doktor mengingat kegiatan ini baru ada di IAIN Tulungagung, agar mahasiswa semakin terpacu untuk dapat menyelesaikan studinya dengan tepat waktu dan melahirkan karya disertasi yang berkualitas.