Berita
UIN SATU TULUNGAGUNG

RAKER UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG TAHUN 2022

Rabu (26/01/2022) Pascasarjana turut serta dalam agenda Rapat Kerja (RAKER) Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, untuk membahas akselerasi target kinerja semua program dan kegiatan yang akan dikembangkan dan ditindak-lanjuti dengan berbasis digital, hal tersebut disampaikan oleh Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Prof. Dr. H. Maftukhin, M.Ag. dalam pembukaan Rapat Kerja tahun 2022, Rabu (26/01/2022) di Auditorium Hotel Ramada Suites Solo.

Untuk itu Prof. Dr. H. Maftukhin, M.Ag selaku Rektor menjelaskan alasan Raker UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pada tahun 2022 bertemakan mewujudkan Akselerasi Percepatan Target Kinerja Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung tahun 2022 “SMART”. Sejak tahun lalu telah dicanangkan, kembangkan dan tindaklanjuti bahwa semua program dan kegiatan di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung bermuara pada digitalisasi program maupun kegiatan termasuk pelayanan kemahasiswaan.

“Akselerasi ini akan menjadi titik balik perubahan besar pada kinerja semua aspek setiap unit yang akan menimbulkan gelombang turbulensi besar pada semua pegawai, mahasiswa maupun masyarakat. Turbulensi ini akan menjadi fenomena wajar pada setiap perubahan, karena itu untuk menghadipinya dengan positif agar menjadi titik tanjakan yang akan membuat UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menuju perkembangan dalam setiap perubahan. Gelombang Turbulensi inilah yang akan menjadi mesin pembangkit dan pengalir arus energi mutu, serta instrument penyangga kualitas.” ujarnya.

Direktur Pascasarjana Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. memaparkan, “Perguruan Tinggi di era revolusi industri generasi ke empat yang bergerak sangat cepat ke society 5.0 membutuhkan akselerasi perubahan dengan lompatan tinggi berbarengan dengan transformasi digital yang luar biasa, yang diharapkan dapat memposisikan diri pada upaya pencapaian keunggulan dalam berbagai dimensinya, sesuai dengan kapasitas dan modalitas yang kita miliki.”

Untuk mencapai keunggulan tersebut lanjut Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag, “diperlukan strategi akselerasi untuk menguatkan seluruh komponen kelembagaan. Kalkulasi kuantitatif penting, seperti jumlah Guru Besar, Doktor, jumlah penelitian, jurnal ilmiah yang mendapat pengakiuan nasional bahkan internasional, serta jumlah publikasi ilmiah pada jurnal bereputasi internasional. Namun, secara kualitatif perlu juga nilai tambah pada kalkulasi kontributif yang nyata.”

Prof. Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. selaku Wakil Direktur Pascasarjana mengatakan, “berbagai gerakan perubahan sangat diperlukan dalam rangka mewujudkan kampus UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menjadi universitas yang modern dalam keislaman, kebangsaan dan keuniversalan dalam melahirkan lulusan yang berwawasan keislaman yang inklusif, berjiwa kebangsaan dan berwawasan global. Rapat kerja tahun 2022 ini digelar dalam rangka menyamakan persepsi, komitmen dan langkah kerja dalam upaya pencapaian visi dan misi lembaga, serta mewujudkan akselerasi target kinerja UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung”.

“Peserta raker sebanyak 160 orang yang terdiri dari unsur pimpinan, pejabat dosen dengan tugas tambahan, serta seluruh pejabat struktural dari setiap unit di Lingkungan UIN SATU Tulungagung. Tujuan raker pada dasarnya menyamakan persepsi dan langkah kerja dalam upaya pencapaian visi dan misi, namun secara khusus kegiatan tersebut bertujuan untuk sosialisasi regulasi akademik, evaluasi pencapaian kinerja tahun 2021, selanjutnya akan dilakukan peyusunan target kinerja dan program kerja prioritas tahun 2022,” tambahnya.