Berita
UIN SATU TULUNGAGUNG

Seminar Internasional دور القرآن في مواجهة التحديات العصرية & Mou Signing Dengan Kampus Imam Malik College (IMC) Dubai, United Arab Emirates

Pascasarjana-UIN SATU, Selasa, 1 Agustus 2023 Pukul 13.00 WIB, Sebagai Kampus Dakwah dan Perdaban, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung bersama Pengelola Pascasarjana menyelenggarakan Seminar Internasional bertajuk " دور القرآن في مواجهة التحديات العصرية". Hal ini merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, tiga kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap perguruan tinggi di Indonesiayang meliputi Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Masyarakat.

Tema dalam Seminar ini sangat menarik, menggambarkan bagaimana respon Al-Qur’an terhadap perkembangan problematika masyarakat di era kontemporer ini. Maka dengan diselenggarakannya kegiatan ini, menjadi bukti konkrit sebuah upaya meningkatkan kualitas keilmuan seluruh sivitas akademika kampus UIN SATU Tulungagung yang meliputi dosen, karyawan, mahasiswa dan masyarakat.

Acara ini digelar di Aula Utama Gedung Pascasarjana Lt. 5. Berlangsung selama kurang lebih 5 jam, dengan menghadirkan dua narasumber, yaitu Assosiate Prof. Dr. H. Kojin dari UIN Satu Tulungagung sebagai pemateri pertama dan dilanjutkan Prof. Dr. Hafidz Abdurrahaman Muhamad Khoir dari Imam Malik College  (IMC) Dubai,United Arab Emirates. Ceremonial acara dibuka Prof. Dr. H. Abad Badruzaman (Warek III) sebagai keynote speaker, Dr. Muhamad Chobir Sirad sebagai pembawa acara dan dilanjutkan orasi ilmiah yang dipandu oleh moderator Dr. Rizqa Ahmadi Lc., M.Ag.

Turut diundang dalam acara ini Para Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, Para DekanFakultas, Wakil Direktur Pascasarjana, Kepala SPI, Ketua LPM, Ketua LPPM, Kabag Umum dan Akademik, Kasubbag Layanan Akademik, Mudir Ma’had Al Jamiah, JFT Pranata Humas, Staf International Office dan dosen, mahasiswa Pascasarjana dan unsur masyarakat. 

Dalam kegiatan ini juga dilengkapi dengan penandatanganan MoU dan Nota Kesepahaman Bersama sebagai bukti tertulis adanya kerjasama yang sah antara UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan Imam Malik College  (IMC) Dubai,United Arab Emirates.

 

Seminar berlangsung menarik dan komunikatif, terbukti dengan antusias para audien dalam merespon dan menyampaikan pertanyaan kepada para narasumber. ‘Alakulli hal, alhamdulillah acara ini berjalan lancer dan sukses. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk semua dan memantik kita bersama untuk selalu berupaya meningkatkan iklim akademik di kampus UIN SATU Tulungagung menjadi semakin progresif, demi menyonsong kemajuan peradaban menuju Indonesia Emas.(Dur).