Berita
UIN SATU TULUNGAGUNG

Workshop Academic Writing Prodi Magister Studi Islam (S2-SI)

Batu-Malang, Minggu 13 Agustus 2023, Pascasarjana UIN SATU Tulungagung melaksanakan Pembukaan Workshop Academic Writing Skills yang dilakanakan di Hotel Agro Kusuma Batu. Diikuti oleh Dosen dan Mahasiswa Prodi Studi Islam, sebanyak 47 orang ini, dijadwalkan berlangsung selama 3 hari sampai dengan selasa, 15 Agustus 2023.
Tepat pukul 20:00 WIB pembukaan dimulai, dalam laporan pelaksanaan, Dr. Nita Agustina, NEE sebagai ketua pelaksana kegiatan ini, menyampaikan dalam laporannya, mengucapkan terimakasih atas diraihnya akreditasi prodi S2 Studi Islam dengan predikat baik sekali (B). "...terimakasih kepada para Dosen dan Mahasiswa Prodi SI Pascasarjana UIN SATU Tulungagung, mendapat predikat B...dan kegiatan workshop ini sebagai upaya peningkatan kualitas dan lulusan prodi SI...".
Sambutan pertama dalam acara pembukaan malam ini disampaikan langsung oleh Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. Akyak, dalam sambutannya Direktur menyampaikan apresiasi terhadap capaian Prodi SI, yang dalam perjalanan tahun kelima pendirian prodi SI, telah mendapat predikat B. Direktur melanjutkan apresiasi keberadaan Prodi SI. "...Prodi-prodi Pasca lainnya perlu  menapaktilasi perjalanan SI ini...prodi baru...tapi capaiannya memuaskan...". Lebih jauh Direktur memberikan penjelasan bahwa "...Studi Islam itu wadah paling tua di kita, di PTKIN. Dan Prodi SI kita memiliki 7 konsentrasi...maka... melalui kegiatan ini diharapkan Dosen dan Mahasiswa menghasilkan karya yang masuk sitasi Islamic Studies di kawasan Asia Tenggara dan Timur Tengah...". "...setelah pembukaan kita awali dengan Forum Sharing Ide, Brainstorming Creatif and Innovatif Idea tentang SI...oleh para Profesor dan Dosen Prodi SI..". 
Dilanjutkan dengan Sambutan Pengarahan malam ini disampaikan oleh Wakil Rektor, Prof. Dr. Abad Badruzzaman. Dalam Sambutannya Prof Abad menyampaikan Posisi Studi Islam. "...Ilmuan sosial banyak lahir dari Islamic Studies, ..lulusannya memiliki kemampuan 'Expert generalis'...mengetahui banyak hal dan tak harus mendalam...disinilah pikiran dan manusia Generalis memiliki peluang besar di posisi apapun..karena ngomong apapun nyambung...ekonomi, sosial, hukum...inilah wajah SI...".
Tepat pukul 21:00 WIB acara pembukaan ditutup dengan Do'a yang dipimpin oleh Prof.Dr. Ahmad Tanzeh. Dengan selesainya Do'a menandai berakhirnya acara pembukaan. Selanjutnya Seluruh peserta acara melakukan giat Bergambar bersama untuk mendokumentasikan acara.(hib).