Berita
UIN SATU TULUNGAGUNG

3rd INCOILS 2023 #Opening Ceremony

Pascasarjana UIN SATU-Semarang, 25 Oktober 2023. Pembukaan INCOILS 2023 dilaksanakan di Hall Utama Resort Griya Persada Semarang. dihadiri 264 peserta dari berbagai PTKIN Se-Indonesia. Dalam acara Pembukaan, Ketua FORDIPAS, Prof. Akhyak dalam sambutannya melaporkan "...Dari tahun Ketahun partisipan INCOILS ini semakin bertambah, INCOILS pertama diikuti 37 Direktur Pasca, Saat ini, INCOILS III telah hadir 47 Direktur Pasca Se-Indonesia, ...Sesuai dorongan Mentri, INCOILS akan digelar 3 kali dalam setahun..."

Lebih lanjut Prof. Akhyak menyampaikan bahwa dalam INCOIS 2023 ini diagi menjadi 9 Panel Session, mengakomodir 257 Artikel/Presenter...kedepan kita berharap jika per PTKI itu berkontribusi 3 artikel berarti tercapai 500 artikel di INCOILS selanjutnya. Setiap Panel Session kita juga memberikan kategori "The Best Ten"...ini sebagai bentuk apresiasi...Semoga INCOILS bisa menjadi gelanggang akademik bagi PTKIN...".

Setelah sambutan laporan ketua FORDIPAS, dilanjutkan pemutaran ucapan selamat dan harapan INCOILS 2023 para stake holder, Mulai dari para direktur Kemenag RI, Para Ketua FORDIPAS Peride sebelumnya, dan Para pimpinan PTKIN.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Rektor UIN Salatiga, Prof. Zakiyuddin Menyampaikan.."...Kegiatan ini Sohibul Hajatnya FORDIPAS, Sohibul baitnya UIN Salatiga, Sohibul Ro'iyahnya Kemenag. hasil INCOILS ini kedepan semoga tidak hanya masuk procedding tapi juga bekerjasama dengan jurnal-jurnal kita yang Q1/Q2...sehingga benar-benar kualitas artikel terseleksi dengan baik...termasuk UIN Salatiga yang sudah memiliki 3 Jurnal Bereputasi....ini sebuah kesempatan dan semoga menjadi kontribusi nyata INCOILS memberikan warna Pemikiran Islam Dunia..."

Acara Resmi dibuka oleh Kasubdit Penelitian Kemenag RI, Dr. Moh. Aziz Hakim, MH. ..."...Seperti halnya AICIS yang sedang kita naikkan gradenya, INCOILS ini juga berpeluang menambah tidak hanya menghasilkan bentuk dokumentasi karya di jurnal, lebih Kemenag sedang menggagas bagaimana seluruh pemikiran para ahli di PTKIN ini menjadi rujukan utama masyarakan awam dalam mencari sumber referensi belajar agama. situasi serba online, perubahan model belajar remaja sekarang dalam agama, patut kita pikirkan ulang. Maka perlu hasil yang dapat dinikmati langsung oleh khalayak, tidak hanya akademisi. Jurnal penting, tulisan di media populer juga penting, karena khalayak banyak yang mencari lewat ini. Tambahan varian medium ini yang mungkin bisa menghantarkan hasilpikiran-pikiran hebat dapat di nikmati pula olek khalayak umum...."

Selanjutnya Dr. Aziz secara resmi membuka INCOILS 2023 Tepat pukul 21.30 WIB, selanjutnya forum pembukaan dilanjutkan dengan sesi bedah buku dengan judul "jangan Lelah Mencintai Indonesia".(hib)