Berita
UIN SATU TULUNGAGUNG

Workshop Afirmasi Penelitian Tesis Megister Ekonomi Syariah Berperspektif Islam Nusantara

Pada hari Sabtu, 26 Juni 2021 Program Studi (Prodi) Magister Ekonomi Syariah Pascasarjana UIN SATU Tulungagung secara daring menyelenggarakan Workshop Afirmasi Penelitian Tesis Megister Ekonomi Syariah Berperspektif Islam Nusantara. Acara ini dibuka oleh Direktur Pascasarjana UIN SATU Tulungagung, Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Dalam sambutannya Direktur Pascasarjana menyampaikan bahwa Workshop ini harus ada tindak lanjut kegiatan, dalam bentuk kecil misalnya tema-tema tesis Prodi Magister Ekonomi Syariah benar-benar relevan dengan Ekonomi Syariah. Narasumber kegiatan yaitu Kaprodi Magister Ekonomi Syariah, Dr Agus Eko Sujianto, SE.,MM dengan peserta yaitu seluruh mahasiswa Prodi.

Dalam materinya narasumber menjelaskan tentang visi dan misi prodi, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan khusus tentang strategi khusus merubah laporan tesis menjadi artikel untuk publikasi jurnal ilmiah baik dalam maupun luar negeri. Kaprodi juga mengemukakan bahwa karya ilmiah mahasiswa magister dalam bentuk tesis sangat bermanfaat bagi masyarakat jika dipublikasikan di jurnal ilmiah. Ketika karya ilmiah mahasiswa terpublish maka banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya misalnya terdapat peluang untuk memperluas penelitian tersebut. Dan sebaliknya ketika tidak dipublikasikan di jurnal ilmiah dan hanya berada di perpustakaan saja meskipun repository, tetap saja kemanfaatannya masih terlalu rendah dibanding dipublikasikan di jurnal ilmiah.

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini yang dipandu atau dimoderatori oleh Sekretaris Prodi Magister Ekonomi Syariah, Khusnul Mufidati, M.Pd.I. Partisipasi aktif ditunjukkan oleh peserta dalam bentuk sharing atau tanyajawab. Mereka berpendapat bahwa dengan workshop ini diharapkan dapat membantu memperlancar mahasiswa dalam mempublikasikan karya ilmiah dalam bentuk artikel berbasis tesis, tentunya pada jurnal ilmiah baik dalam maupun luar negeri, demikian tutur Moch. Sulhan salah satu peserta Workshop.#