Berita
UIN SATU TULUNGAGUNG

Pascasarjana IAIN Tulungagung adakan perjanjian kerjasama dengan Pascasarjana IAIN Fattahul Muluk Papua

Tulungagung, Kamis (04/02/2021), Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung adakan perjanjian kerjasama dengan Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua tentang pengembangan akademik di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan peningkatan sumber daya manusia serta tata kelola lembaga. 

Pada hari kamis pagi Dr. H. Husnul Yaqin, S.H.I., M.H., selaku Direktur Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua berkunjung di kampus IAIN Tulungagung, dengan maksut menjalin silaturahim dengan Pascasarjana IAIN Tulungagung. Ketertarikan Dr. H. Husnul Yaqin atas prestasi seluruh pengelola Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung yang membawa percepatan perkembangan kelembagaan dan sistem pengembangan akademik Pascasarjana IAIN Tulungagung, membuat yakin jika dengan ikatan kerjasama ini akan membawa dampak besar bagi kedua belah pihak di masa yang akan datang.

Dalam penjelasannya Prof. Akhyak, menjelaskan akan ada mahasiswa lulusan Strata 1 (S-1) dari Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk yang melanjutkan Starata 2 (S-2) dan Strata 3 (S-3) di Pascasarjana IAIN Tulungagung. Seluruh keluarga besar Pascasarjana IAIN Tulungagung sudah siap mencetak Megister dan Doktor berkualitas di setiap tahunnya termasuk mahasiswa alumni IAIN Fattahul Muluk yang ingin melanjutkan program Megister dan Doktor di IAIN Tulungagung.

Di jelaskan maksut perjajian kerjasama tersebut untuk melaksanakan Kesepahaman bersama antara Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dengan Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua, tentang Pengembangan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Tata Kelola. Berdasarkan surat perjanjian dengan nomor 554/In.12/02/2021 dan nomor 171/In.35/Rk/HM.00/02/2021, yang sudah di sepakati oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag., selaku Direktur Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dan Dr. H. Husnul Yaqin, S.H.I., M.H., selaku Direktur Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua, pada hari ini Kamis tanggal Empat bulan Februari tahun Dua Ribu Dua Puluh Satu (04-02-2021).

Dalam perjanjian kerjasama itu, Prof. Dr. Akhyak dan Dr. Husnul Yaqin bersepakat bahwa Tujuan dari Kerjasamanya adalah untuk memanfaatkan kemampuan kedua belah pihak agar berhasil dalam melaksanakan tugas masing-masing demi tercapainya Pengembangan Akademik Bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Tata Kelola di Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dan Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua.

Prof. Dr. Akhyak, menjelaskan kerjasama ini dilakukan atas dasar kesadaran bersama tentang urgennya peningkatan kualitas SDM kalangan Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa yang ada di semua program studi pada Pascasarjana. Maka dari itu sudah menjadi kewajiban kita sebagai akademisi harus selalu berupaya melakukan pengembangan dan inovasi dalam proses pelaksanaan program pendidikan sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku.

Di akhir penejelasannya Prof. Dr. Akhyak, berharap kedepannya dapat memberi kesempatan kepada mahasiswa dan dosen semua program studi di Pascasarjana untuk dapat mengikuti program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, yang dilakukan oleh IAIN Tulungagung maupun IAIN Fattahul Muluk Papua sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku.