Berita
UIN SATU TULUNGAGUNG

Intensive Course dalam Rangka Evaluasi & Pembinaan Mahasiswa Mora Prodi S3 Manajemen Pendidikan Islam Angkatan 2018 Pascasarjana IAIN Tulungagung

Tulungagung – Senin (25/01) telah berlangsung intensive course dengan tema “Strategi Melacak Grand Teori Manajemen Pendidikan Pada Jurnal Internasional dan Hand Book” yang bertempat di IAIN tulungagung dengan model daring. Kegiatan  ini diselenggarakan oleh Prodi S3 Manajemen Pendidikan Islam Pasca Sarjana IAIN Tulungagung. Acara ini merupakan serangkaian acara unggulan awal tahun yang sedianya akan diselenggarakan selama satu pekan kedepan.

Intensive Course ini  berlangsung dengan sukses. Opening Speech : Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. (Direktur Pascasarjana IAIN Tulungagung) Keynote Speaker : Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag. (Rektor IAIN Tulungagung) Narasumber : Dr. H. Supriono, M.Ed.  (Alumni Latrobe University of Australia).

Kegiatan  dibagi dalam dua sesi diskusi, peserta yang hadir dipaparkan mengenai kondisi pendidikan secara umum dan cara melacak Grand Theory dalam manajemen pendidikan melalui jurnal internasional dan hand book. Peserta yang hadir tidak hanya berasal dari Pascasarjana IAIN Tulungagung saja, tetapi juga dari jurusan lainnya. Para peserta memberikan respon positif karena disuguhkan dengan pembicara yang memberikan materinya dengan santai dan menarik. Acara ini ditutup diskusi dan Tanya jawab antara pemateri dengan peserta. Diskusi berjalan sangat menarik dan serius, apalagi memang dihadapkan pada kondisi dimana para peserta memang sangat membutuhkan banyak sekali informasi tentang tips dan trik melacak teori baik dari buku maupun dari penyedia layanan jurnal, baik yang free maupun yang berbayar.  

Bapak Imam Junaris, selaku Ketua Panitia menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai sarana edukasi bagi mahasiswa khususnya Mahasiswa S3 Mora Kemenag supaya dalam proses penyelesaian tugas akhir diberikan kemudahan dan kelancaran. Sedangkan untuk para dosen yang mengikuti kegiatan ini diharapkan mampu memberikan sharing wawasan dan juga pengalaman baru, khususnya dalam hal pelacakan teori untuk menulis artikel jurnal baik nasional ataupun internasional yang kian hari menjadi tantangan dalam rangka memenuhi tuntutan sekaligus kebutuhan dalam upaya peningkatan kualitas dan kapasitas pendidik.

Substansi materi intensive course tentang Strategi Melacak Grand Theory Manajemen Pendidikan Dari Jurnal International/Handbook adalah sebagai berikut:

1.        PTKI harus bergerak cepat, dalam hal pengembangan. Tidak hanya dalam kontek pengembangan lembaga tetapi juga berkenaan dengan kualitas mahasiswa. Maka dalam hal inilah kemudian diskusi dengan berbagai pihak serta kegiatan seminar harus diperkuat lagi. Karena dalam sejarahnya, tradisi diskusi sangat penting dalam rangka menumbuhkan dan mengembangkan wawasan akademik.

2.        Dalam konteks penelitian kualitatif, peneliti harus terlibat dalam setiap peristiwa, namun bukan penyelesai masalah. Melalui peran itulah novelty penelitian sering kali ditemukan. Apa yang dikatakan oleh orang adalah fakta dan data penelitian.

3.        Memahami grand teori : Grand theories (hanya ditemukan diteori-teori lama) namun demikian untuk mengkorelasikan dengan teori baru, maka perlu pelacakan dalam jurnal sebagai middle range theories dan new emergence theories

4.        Penciri dari yang dinamakan dengan Grand teori adalah sangat kecil kemungkinan kesalahannya, karena sangat substantive dan mendasar. Berbeda dengan Middle-Range Theories akan sangat mudah dibantah dengan konteks yang lain. Dan dalam catatan sejarah, Grand Theories hanya bisa di reject oleh filsuf itu sendri.

 Catatan penting dalam konteks Tracking Literature Grand Theori adalah menggunakan laman yang resmi, terdaftar serta menggunakan Keyword yang tepat supaya dalam prosesn pencarian mudah untuk ditemukan teori-teori yang dibutuhkan oleh peneliti.(mora)