Berita
UIN SATU TULUNGAGUNG

Seminar Nasional On-Line Program Studi Magister Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir: Menggapai Makna dan Keberkahan dalam Membaca Al-Qur'an

Program Studi Magister Ilmu Al Qur'an dan Tafsir Pascasarjana IAIN Tulungagung menggelar Webinar (seminar online) yang bertajuk: "Menggapai Makna dan Keberkahan dalam Membaca Al-Qur'an". Seminar yang dilaksanakan pada Hari Jumat, Tanggal 22 Mei 2020, jam 16.00 WIB. Acara seminar diikuti oleh 190 peserta dari berbagai Instansi perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Adapun acara digelar dan disambut oleh Direktur pascasarjana, Prof. Dr. H Akhyak, M.Ag, yang mana dalam sambutannya beliau mengutarakan bagaimana nilai makna keberkahan Al-Qur'an dan mengkontekstualisasikan nilai Al-Qur'an dalam kehidupan sehari hari sebab beliau melanjutkan,  bahwa hadis nabi rasulululloh saw bersabda "Afdholul Ibadati Ummatii Qiroatul Qur'an" keutamaan ibadah ummatku adalah membaca al quran, dari sini jelas bahwa makna keberkahan sangat besar untuk terus dkaji, diteliti secara ilmiah, Al-Qur'an juga sebagai kitab yang memberikan petunjuk bagi kehidupan manusia seperti dikutip dalam sekelumit quran "Hudan linnas" sebagai petunjuk untuk umat manusia dimuka bumi ini tidak ada sumber yang ideal selain Qur'an.

Selanjutnya acara juga dihadiri oleh Kasubdit kerjasama antar lembaga PTKIN Kemenag RI, yaitu Bapak Dr. Adib abdusshomad, P.hd. dimana beliau juga berkenan membuka acara webinar dan sekaligus memberikan suport kepada para seminaria, dalam pidato pembukaannya, beliau menyampaikan serta memberikan Apresiasi atas terselenggaranya acara Webinar ini, sebab menurutnya kegiatan seperti ini sangat penting, bahwa ada hikmah yg besar dibalik kondisi pandemi ini yaitu kita bisa manfaatkan kajian melalui virtual, sebab kita bisa mengeksplorasi kajian alquran melalui pakar akademisi, kita (PTKIN, pesantren) harus memegang kendali keilmuan melalui medsos yang akhir-akhir ini banyak dkendalikan oleh orang2 yang tidak jelas keilmuannya, oleh karena itu kegiatan ini penting untuk ke lestarikan dmasa masa yg akan datang.

Acara di hadiri 4 narasumber antara lain:

1. Prof.Dr.H. Abdul Mustaqim, M.Ag (UIN Jgja)

2. Dr. Abad Badruzaman,Lc.M.Ag (Warek 3 IAIN Tulungagung)

3. Dr. H. Ahmad Zainal Abidin,M.A (Kaprodi S2 IAT IAIN Tulungagung)

4. Dr.KH. Asmawi,M.Ag (pengasuh PonPes Al Kamal Blitar)

Moderator: Abduloh Safik, M.Fil.I

Demikian kegiatan Webinar semoga Prodi S-2 khususnya IAT semakin jaya, progresif. Dan ilmunya barokah manfaat amin. (Fik)

Link webinar ini ada di https://youtu.be/Swx0HGVawRI